Berita Balap dan Otomotif Terkini

Belajar Naik Motor Trail di YRA Blu Cru School

Sabtu (18/12) kemarin Yamaha Jateng bersama Blue cRu menggelar Yamaha Blu Cru School di sirkuit grasstrack Wanko, Bubakan, Mijen Semarang.

Blu cRu merupakan lingkup kegiatan para pengguna motor sport dari Yamaha seperti Yamaha R series untuk onroad dan Yamaha WR series untuk offroad.

Nah kali ini instruktur dari YRA pusat didatangkan untuk memberi tips dan trik naik motor offroad bagi media dan komunitas menggunakan Yamaha WR155.

Safety gear lengkap biar aman

Sebelumnya para peserta harus menggunakan riding gear dan safety gear khusus offroad seperti jersey set, boot mx, pelindung dada, dll. Mas Iwan dari YRA YIMM menjelaskan dan mensimulasikan teori dan teknik riding motor trail atau offroad.

Mulai dari urutan awal menaiki motor, posisi riding, teknik riding, teknik braking dan gaya berkendara menggunakan motor trail saat tanjakan serta turunan. (pembahasan lengkap ada di youtube channel saya).

Mas Iwan dari YRA YIMM

Setelah teori saatnya berlanjut ke praktek langsung, ada 6 motor Yamaha WR155 yang disediakan dan kami pun dibagi menjadi 2 grup karena keterbatasan unit. Penyelenggara sudah menset beberapa cone untuk area praktek.

Materi praktek diberikan yaitu teknik braking, slalom dan teknik pada saat tanjakan dan turunan. Nah disini saya baru paham karena ada beberapa gaya riding saya untuk offroad yang selama ini salah, yaitu posisi jari tidak boleh selalu di handel rem dan kopling.

Kemudian teknik lain yang menurut saya susah yaitu slalom sambil berdiri, karena disini kita harus menyeimbangkan posisi badan dan motor serta ketahanan selama sekian lama. Area taangn dan pundak cepet pegal, mungkin harus sering latihan supaya terbiasa. Semoga Yamaha rutin memberi training sebulan sekali hehehehe

Sayangnya untuk teknik tanjakan dan turunan saya absen karena pengaruh cuaca hujan yang turun lumayan awet. setelah menunggu sambil makan siang, kami lanjut untuk sesi bebas yaitu mengelilingi trek wanko.

%d bloggers like this: