Per hari ini (02/12) Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis 3 motor sekaligus yaitu New NMax, XSR155 dan WR155 untuk tahun 2020. Nah biar enak bacanya dan lebih detil bahasnya saya jabarkan satu persatu ya .. kali ini kita bahas NMax dulu.

Persis seperti bocoran beberapa waktu lalu yang sempat viral tidak ada perbedaan. Secara garis body masih seperti NMAX yg versi lama namun ada ubahan di headlamp, stoplamp dan beberapa detil lainnya. Yang menarik justru ada pada fiturnya, bahkan belum ada di motor lain.

Fitur-fitur Yamaha All New NMax 155 2020

Yamaha All New NMax memiliki beberapa fitur baru dan unggulan karena tidak dimiliki oleh kompetitor diantaranya ; Traction Control, sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi ini merupakan fitur pertama dikelasnya, Smart Key System, fitur wajib yang ada jaman sekarang nih, Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget pengendara, LED Head & Tail Light yang memiliki desain lampu depan dan belakang mirip dengan XMAX, Dual Channel ABS Kalo ini sih dari versi sebelumnya sudah ada ya dan masih belum ada lawannya dari kompetitor.

Multifunction Full Digital Speedometer , nah ini nih menurut saya yang paling istimewa karena dengan desain yang modern dan informatif juga dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) App, Pesan & Telepon, TCS (traction control), VVA dan indikator Temperatur Mesin.

Dengan Teknologi Comunication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth pada smartphone.

Keunggulan utama dari teknologi CCU ini adalah :

  1. Parking Location, Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone)
  1. Phone & Message Notification, Memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.
  1. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), Membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.
  1. Fuel Consumption, Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.
  1. Malfunction Notification, Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Performa Mesin Yamaha All New NMax 155 2020

Performa mesin selalu jadi perbincangan dikalangan biker, terlebih mesin NMax sejak awal rilis memiliki performa yang bagus. Nah di All New Nmax 155 ini, YIMM tetap mempertahankan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). All New Nmax 155 juga sudah dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Selain itu mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain baru air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15. Desain body All New Nmax 155 juga dirancang dengan desain rangka baru yang berkontribusi meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara. Hal ini pun mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Chassis yang didesain rigid menghasilkan comfortable riding dan maneuverability yang lebih baik.

Pilihan Warna Yamaha All New NMax 155 2020

Yamaha All New NMax 155 tersedia dengan berbagai warna yang memberi kesan premium, termasuk edisi MAXI Signature yang menonjolkan warna hitam matte beraksen emas. All New Nmax 155 Connected/ABS terdiri dari warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White. Sedangkan All New Nmax 155 Standard warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White, Matte Red.

Spesifikasi Yamaha New NMax 155 2020

Mesin
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi Silinder Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155cc
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6 : 1
Daya Maksimum 11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 13.9Nm / 6500rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
Dimensi
P x L x T (1935 x 740 x 1160) mm
Jarak sumbu roda 1340 mm
Jarak terendah ke tanah 124 mm
Tinggi tempat duduk 765 mm
Berat isi 132 kg
Kapasitas tangki bensin 7.1 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang 130/70 – 13 M/C 63P
Rem Depan Hydraulic Single Disc Brake
Rem Belakang Hydraulic Single Disc Brake
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ7V
Tipe Busi NGK/CPR8EA-9

Sayangnya YIMM belum mengumumkan harga resmi dari Yamaha All New NMax 155 2020 ini, namun dari beberapa bisikan harga akan diumumkan mendekati produksi massal dimulai yaitu Januari 2020. Semoga harganya kompetitif ya mas bro !!!