Demam All New NMax masih hangat nih mas bro ,,, Dari berbagai macam fitur istimewa dan pembaharuan lainnya ada 1 hal yang menjadi tanda tanya bagi saya ataupun pembaca setia blog pinggiran ini.

Yaitu penggunaan piston R15 pada mesin All New NMax ini. Dari hasil berselancar di dunia maya akhirnya saya bisa simpulkan seperti berikut.

Dari beberapa forum Yamaha NMax ternyata hal ini sudah dilakukan oleh beberapa owner di komunitas NMax. Alasannya yaitu tarikan NMax lebih ringan dan suara knalpot lebih padat, Lho kok bisa???

Bisa ,, karena selain diameter piston R15 dan NMax sama yaitu 58 mm ternyata bentuk piston R15 lebih datar dibanding piston NMax yang cenderung cekung. Hal ini pengaruh ke kepadatan ruang bakar atau rasio kompresi menjadi naik, efeknya tarikan/akselerasi jadi lebih ringan.

Gak heran jika kita lihat spek rasio kompresi Yamaha All New NMax (11,6:1) lebih besar dibanding NMax lama (10,5:1). Selain itu bobot piston R15 juga lebih ringanĀ 80,16 gram, sedangkan, piston NMAX lama seberat 81,58 gram. Jadi lebih efisien nih mas bro, untungnya pabrikan Yamaha bisa berkaca dari hal ini dan diterapkan pada Yamaha All New NMax 2020.

Nah baru tahu kan ??? Sama hehehe ,, semoga bermanfaat

 

Foto : motorplus