Musim hujan sudah mulai datang nih mas bro, nah mas bro yang suka riding pake motor kudu waspada dan hati-hati nih. Terlebih kalo aspal sudah diguyur air hujan jadinya licin, kalo jalan tanah jadinya becek deh.

Untuk mengantisipasi hal tersebut tentu harus ada trip dan tipsnya yang bakalan saya ulas sebagai berikut :

  1. Ban

Cek kondisi ban apakah kembangan ban masih bagus atau sudah gundul, kalo sudah gundul ya tentu jadi tambah licin kalo kena aspal basah.

Kemudian cek juga tekanan angin ban, jika kondisi aspal basah atau licin ada baiknya tekanan dibuat lebih rendah supaya lebih banyak bagian ban yang menempel pada aspal sehingga gaya gesek juga besar dan menghindari selip.

 

  1. Rem

Penggunaan rem pada saat musim hujan juga perlu diperhatikan, jika rem teromol kalo kenak air hujan biasanya lebih pakem dari biasanya. Jadi kalo nginjek rem belakang pas riding hujan hujanan jangan dalem-dalem, begitu juga tuk rem cakram depan yak yang ada nanti malah ngepot ato ndlosor.

Triknya bisa manfaatkan engine break dari mesin kalo mesin 4tak lebih terasa tu, setelah itu baru injak ato tarik rem perlahan-lahan.

 

  1. Jas Hujan

Yang paling penting dan utama yaitu pemilihan jas hujan, hindari pemakaian jas hujan model ponco/batman karena itu berbahaya bagi pemotor. Belilah jas hujan model jaket dan celana.

Lindungi juga sepatu dengan jas hujan sepatu yang sudah banyak dijual dipasaran saat ini.

 

  1. Cek Kondisi Mesin dan Lampu-lampu

Pastikan mesin sehat ya bro ,,, yang perlu diperhatikan yaitu kondisi cop busi, penting nih waktu menerjang genangan air ato melewati banjir. Jika kondisi tidak optimal ya rawan mogok.

Pastikan lampu-lampu berfungsi dengan baik sehingga dapat menerangi optimal pada saat hujan berkabut.

 

Last ,,, safety riding dan defensive riding itu perlu mas bro terlebih di musim hujan, kontrol emosi dan etika berkendara juga berperan dalam keselamatan berkendara. So jadi lah biker yang baik dan sopan ya dijalan.

Salam njengat !!!