Masih seputaran kasak-kusuk kemunculan varian trail dari Suzuki. Tapi kali ini saya gak bahas kapan dan bagaimana mesin dari motor trail Suzuki yang diisukan saat ini.

Yang saya mau bahas dan sharing disini yaitu penamaan dari motor trail Suzuki jika nantinya bakal dirilis. Opsinya yaitu RM-Z150 atau DR150?

Lho apa lagi itu RM-Z150???

Jadi gini,,, di keluarga Suzuki ada 2 varian motor trail yang dibagi sesuai peruntukannya ada seri DR dan RM yang akan saya bahas detilnya berikut.

 

Suzuki DR SeriesĀ 

DR series dari Suzuki ini merupakan varian trail yang digunakan untuk dual purpose dan offroad. Variannya mulai dari DR200, DR400 hingga ke DR650. Dual purpose yang dimaksud yaitu bisa digunakan untuk jalan raya dan jalan tanah. Biasanya dipakai diperkebunan atau dipakai untuk trabasan kalo di Indonesia.

Nah seri dual purpose DR series ini versi modernnya dari TS yang melegenda di Indonesia. Kalo TS mesinnya 2tak nah yang versi 4taknya berganti ke DR.

 

Suzuki RM Series

Berbeda dengan seri DR, untuk seri RM pada umumnya Suzuki menelurkan varian ini khusus untuk kejuaran motocross ataupun supercross. Karena peruntukkannya kompetisi mulai dari rangka, suspensi dan mesin ya pasti mumpuni. Biasanya tipe motor seperti ini disebut Special Engine (SE).

Untuk penamaannya mengikuti generasi awal Suzuki RM yang diluncurkan yang masih versi 2tak. Nah bedanya kalo sekarang yang sudah pakai mesin 4tak diberi kode Z, Contohnya RM-Z250.

Untuk saat ini Suzuki Global memiliki varian kompetisi mulai dari Suzuki RM85 (2tak), RM-Z250 dan RM-Z450

 

Lalu kira-kira nama yang pas apa ya? DR150 atau RM-Z150 ,,, yaitu terserah Suzuki Indomobil sih ya mana yang pas tapi kalo dilihat dari desain bodi lebih keren dan agresif seri RM-Z ya….