HONDA OTO NEWS

Sharing Gayeng Safety Riding Bareng BlogVlog Jawa Tengah Dari Astra Motor Semarang

Mumpung weekend waktunya mengasah kemampuan otak gaes dengan menambah ilmu riding seperti yang dilakukan oleh Astra Motor Semarang dengan mengadakan Sharing Gayeng Safety Riding bersama blogger dan vlogger Jawa Tengah di Artotel Semarang 15 Februari 2020.

Mas Fian dan mas Oke, Instruktur safety riding dari Astra Motor Semarang jadi pembicara pada sesi ini. Kita diberi teori dasar aman berkendara dengan prinsip 5P.

Apa itu 5P? yuk kita jabarkan 1 per satu.

Pemanasan
Sedikit peregangan otot-otot tangan, kaki dan leher sebelum riding cukup membantu supaya tidak kaku dan lebih rileks selama riding.

Periksa
Periksa tekanan ban, ketebalan rem, kondisi oli mesin, lampu2, rantai dan spion bisa mengatisipasi dini jika terjadi amit amit kecelakaan ya bro

Posisi
Posisi berkendara juga jadi efek penentu nyaman berkendara. Posisi berkendara yg berlebihan juga menimbulkan efek cepat lelah yang mengganggu konsentrasi dan fokus saat berkendara.

Pengereman
Gaya pengereman depan saja dan belakang saja juga bisa menjadi malapetaka pada kondisi tertentu. Bagusnya ya injak ato tarik rem bersamaan (depan-belakang) dengan porsi tertentu bisa 70/30 atopun 50/50.

Pilih Lajur Aman
Lajur kiri/lambat adalah lajur yang paling aman untuk sepeda motor. Jika ingin menyalip ambil lajur kanan dan pastikan kondisi aman untuk menyalip. Usahakan jangan menyalip pada garis jalan tanpa putus2 karena itu tanda area berbahaya dan dilarang menyalip.

Setelah sesi sharing mas fean kemudian mengajak kita untuk menjajal alat simulasi berkendara yaitu Honda Riding Trainer. Alat ini bukan alat simulasi biasa
namun juga alat yang merepresentasikan keadaan sesungguhnya di jalan raya. Pengguna HRT ini dapat memilih jenis kendaraan yang akan digunakan seperti Matic, Cub atau motor Sport serta juga dapat memilih waktu berkendara seperti siang dan malam hari. Selain itu para pengguna HRT bisa menemui berbagai kejadian yang terjadi di jalan raya seperti pejalan kaki yang tiba-tiba menyeberang, kendaraan yang tiba-tiba menepi dan berhenti, serta kendaraan yang tiba-tiba memutar arah dan masih banyak yang lainnya. Pada akhir sesi HRT ini nantinya akan keluar hasil evaluasi berupa nilai dari pengendara dalam menjalankan kendaraan serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

FYI .. AHM juga memiliki 921 unit Honda Riding Trainer (HRT) sebagai alat simulasi berkendara yang telah terdistribusi di seluruh jaringan main dealer Honda di Indonesia dan dimaanfaatkan oleh lebih dari 1 juta masyarakat. Cukup serius ya AHM mengkampanyekan keselamatan berkendara di Indonesia.

Menjelang siang Mas Oke menambahkan materi product knowledge seputar AC eh Honda All New Beat dan teknologi baru yang disematkan. Untuk ini nanti dibahas terpisah di artikel lain ya gaess.

Setelah foto session di area roof top karena waktu sudah menunjukkan jam12 siang dan perut kita sudah keroncongan lanjut ke lantai bawah untuk makan siang sekaligus mengakhiri sesi sharing safety riding kali ini.

Terima Kasih untuk tim HC3 Astra Motor Semarang yang sudah mengadakan acara berfaedah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *