Kemarin saya ada kesempatan jalan seharian bersama Honda All New PCX 150, kebetulan unit yang dipinjami oleh Astra Motor Semarang ini adalah tipe ABS alias tipe tertinggi. Warna hitam mengkilat langsung kelihatan aura elegan dan prestisenya motor ini.

Sambil review cocoknya dipake untuk jalan-jalan nih ke spot-spot yang menyenangkan. Kali ini saya coba menikmati perjalanan menuju Curug Sewu. Curug Sewu ini berlokasi di Kendal Jawa Tengah, saya melewati jalur ini via Boja. Jarak tempuh 48 km dari Semarang ke Curug Sewu saya rasa cukup mewakili sensasi berkendara Honda All New PCX 150 ini.

Setelah saya isi Pertalite sebanyak Rp 20.000 saya langsung cuss ke Ngaliyan kemudian Boja menuju Curug Sewu. Oia sebelum diisi masih ada 4 strip indicator BBM di Speedometer Honda All New PCX 150 ini, tanki bahan bakarnya besar muat 8 liter BBM dan ini paling enak untuk jalan jauh karena jadi jarang ke SPBU. Oia,,, Membuka tanki BBM PCX ini hanya bisa dilakukan via smart key system, lebih aman dan etika desainnya dapet.

Kapasitas bagasi dibawah jok PCX ini juga besar, kapasitasnya mencapai 28.8 liter dan muat helm meskipun hanya helm halface. Yang saya suka ada stopper di jok ini jadi tidak perlu dipegangin jokny jika hendak menaruh barang di bagasinya.

Kemudian Honda All New PCX 150 ini sudah dilengkapi Smart Key System alias tanpa kunci dan dikendalikan oleh remote. Penggunaannya mudah dan aman, tinggal aktifkan remote dan putar knob ke posisi on dan gass deh ,,,

Untuk detil pengoperasian remote Honda All New PCX 150 silahkan simak video berikut :

Honda All New PCX 150 ini sudah double disk brake depan dan belakang, dan ABSnya hanya ada di rem bagian depan saja. Nah yang menarik rem belakangnya cukup pakem, saya lebih sering rem belakang daripada depan selama perjalanan ke Curug Sewu yang didominasi tanjakan dan tikungan ini.

Handling Honda All New PCX 150

Suspensi Honda All New PCX 150 ini bekerja cukup baik melibas jalan keriting, meski bagi saya terasa agak stiff. Untuk suspensi teleskopik depannya saya kasih 2 jempol karena tetap stabil ditikungan menurun. Saya masih belum dapat detil suspensi depan Honda All New PCX 150 ini kenapa kok bisa stabil apakah material pegasnya ataupun diameter teleskopik memiliki diameter yang besar sehingga rebound dan kinerjanya mantab, nanti saya update jika sudah ketemu detilnya. Suspensi belakang memang belum sub tank tapi masih enak kok, tapi kalo mau enak lagi reboundnya coba ganti aftermarket punya hehehe…

Ergonomi Berkendara Honda All New PCX 150

Dengan postur saya 170an cm (kurang tahu persis berapa tingginya) setang Honda All New PCX 150 ini terasa agak rendah sedikit. Posisinya sama persis dengan setang PCX yang versi CBU tapi ga bikin pegal kok. Posisi kaki bisa untuk selonjoran jadi nyaman donk kalo jalan jauh, berasa naek Harley hehehe… Joknya juga lumayan empuk walaupun tidak seempuk jok NMax tapi desainnya unik, posisi jok pengendara lebih rendah dari area pembonceng jadi seperti sandaran kecil bagi pengendara.

Performa Honda All New PCX 150

Mesin 150cc 4tak SOHC PGM FI PCX 150 sanggup memuntahkan torsi 13,2 Nm/6500 RPM dan daya 10,8 kW/8500 RPM. Tarikan Honda All New PCX 150 ini lembut namun diajak melibas tanjakan kuat dan di gas pol pas jalan lurus enteng aja nih motor sempat saya gas hingga 95km/jam tapi gas belum mentok. Takut saya kalo ngebut-ngebut hehehe… Oia performa Honda All New PCX 150 ini mantab karena memiliki karakter mesin Near Square dengan diameter vs langkah 57,3 x 57,9mm. Jadi untuk stop & go serta akselerasi menengahnya oke punya.

Fitur Honda All New PCX 150 ABS

Nah bagian ini nih yang saya suka, karena fitur Honda All New PCX 150 ABS ini lengkap mulai dari lampu Full LED dengan DRL, Electric charging, Smart Key System, ISS, ABS, Bagasi luas 28,8 liter, Speedometer full digital, Answer Back system, Anti Theft alarm. Apalagi yang belum disebutin … ?

Kesimpulan

  1. Honda All New PCX 150 ini easy to ride, Smart key sistemnya mudah sekali digunakan dan aman, apalagi PGM FI khas Honda, sekali pencet starter bisa langsung gas. Alarmnya dan answer back systemnya juga sangat membantu.
  2. Suspensi depan Honda All New PCX 150 ini stabilnya jempolan, saya coba rebah kiri dan kanan tetap stabil meskipun masih pakai ban standar pabrik
  3. Fitur buka tutup tanki BBM jempolan, saya suka fitur yang satu ini karena aman dan tetap etis dari segi desain.
  4. Lampu LED DRLnya dan Stop Lampnya keren banget, kesan mewahnya dapet.
  5. Setang untuk tinggi badan 170an cm masih terlalu rendah, mungkin bisa diakali dengan setang Tiger Revo yang lebih tinggi.
  6. Jok terasa agak keras, namun tertolong desainnya yang berundak sehingga seperti sandaran bagi pengendara.
  7. Kompartemennya dashboardnya model tertutup jadi aman dan nyaman jika pada saat ngecas hape, apalagi dalam kondisi hujan. HP terlindungi.