Akhirnya Yamaha Lexi 125 sudah dirilis harga resminya dan sudah mulai dikirim ke beberapa pembeli. Setelah harga resmi di rilis Yamaha mulai genjot perkenalan dan promosi skutik Maxi entry level ini ke beberapa daerah di Indonesia. Namun masih saja banyak yang penasaran gimana review atau impresi berkendara Yamaha Lexi 125 ini.

Kebetulan saya dipinjami unit Yamaha Lexi S 125 nih untuk direview. Oia.. Yamaha Lexi ini dirilis ada 2 tipe ya ,,, Lexi standar 125 dan Lexi tipe S 125. Keduanya sudah dibekali mesin 125cc Blue Core 4 Klep VVA, yang membedakan hanya untuk tipe S sudah memiliki Keyless, Subtank Suspension (sok tabung), SSS (Start Stop System) dan kulit jok dijahit dengan yang terlihat ekslusif.

Awalnya saya pikir Yamaha Lexi 125 ini berdimensi kecil, setelah lihat langsung waktu di CustoMaxi di ADA Setiabudi Semarang beberapa waktu lalu ternyata ga kalah besar dibanding kakaknya NMax.

Pada BYMS di Mijen 22 April kemaren saya sempat test ride dan berboncengan juga namun karena waktu mepet saya hanya mereview impresi diboncengnya saja.

Impresi Awal di Bonceng Yamaha Lexi S 125

Nah kemudian beberapa hari setelahnya saya dipinjami unit review oleh Yamaha Jateng. Ya sudah sekalian test riding impresinya sekalian jalan-jalan bareng Yamaha Lexi S 125.

Saat pertama kali gas Yamaha Lexi S 125 ini terasa berat dan kurang responsif, setelah saya cek ternyata baru 3 km. Artinya ini unit masih gress banget, istilahnya “memperawani” nih Yamaha Lexi S 125. Okeh saya ga terburu nafsu gass Yamaha Lexi S 125 ini karena perlu inreyen part-part mesinnya karena masih baru. Nah setelah saya ajak berkeliling komplek dan sekitaran kota Semarang sekitaran 40an km, si Sexy Lexi ini baru terasa ringan akselerasinya mengindikasikan pelumas dan gesekan antar partnya sudah bekerja normal.

Untuk impresi riding sengaja saya ambil rute jauh sekalian yaitu Semarang – Bandungan via Boja biar dapet semua impresi berkendara, kenyamanan dan keiritan Yamaha Lexi S 125 ini.

Uji Irit Yamaha Lexi S 125, Ini Dia Hasilnya !!!

Posisi Berkendara Yamaha Lexi S 125

Yamaha Lexi S 125 ini ternyata memiliki jok empuk khas Yamaha, lebar dan panjang, malah saya pikir lebih panjang dari NMax 155. Otomatis yang dibonceng lebih nyaman nih daripada NMax. Untuk deknya rata ya seperti matik entry level lainnya (Mio, Beat dll), jadi bawa barang banyak bisa diletakkan di dek depan. Dan point pentingnya pada dek rata dan luas ini kaki bisa semi selonjor seperti NMax dan masih saya kategorikan nyaman dengan postur saya 170an cm.

Handling Yamaha Lexi S 125

Kemudian posisi setang seperti posisi setang NMax yang tinggi jadi ga cepat capek namun juga mudah handlingnya untuk selap selip kemacetan ataupun belok agak rebahan dikit. Padahal bobotnya 113 kg lho,,, tapi terasa ringan handlingnya mungkin juga karena dimensinya hanya 1970x720x1135 mm, tidak sepanjang NMax. Untuk Yamaha Lexi S 125 ini sudah subtank suspesion alias sok tabung di suspensi belakangnya, tergolong stiff sih tapi enak untuk manuver ga mentul-mentul. Malah saya penasaran suspensi Yamaha Lexi 125 tipe standar tanpa sub tank suspension. Remnya empuk dan pakem khas Yamaha, rem belakang meski masih teromol juga pakem.

Fitur Yamaha Lexi S 125

Yamaha Lexi S 125 boleh saya bilang matik yang full fitur, saya sebutin satu-satu nih fitur-fitur fungsionalnya.

  1. Ada Electric Power Socket jadi bisa cas hape langsung di motor (cocok nih buat ojek online).

2. Ada Smart Key System (keyless) yang dibekali answer back biar aman dari maling dan ringkes ga perlu colok-colok kunci lagi.

3. Ada spidometer Full Digital yang lengkap ada trip, odometer, jam, rpm, fuelmeter, voltmeter dan average consumption.

4. Lampu depannya sudah LED disertai juga DRL (day running light)

5. Bannya besar 90/90 didepan dan 100/90 dibelakang juga sudah tubeless jadi ga khawatir lagi kalo ban bocor dijalan.

6. Lexi S juga sudah dibekali SSS (Start Stop System) jadi bikin tambah irit BBM nih

Desain Yamaha Lexi 125

Yamaha Lexi 125 ini memiliki desain yang simple dan elegan mengalir dari depan ke belakang tanpa sudut-sudut tajam. Tapi jujur desainnya bukan selera orang banyak nih sepertinya. Namun itu saya kembalikan ke calon pembeli karena jika kita kesampingkan desain tapi fokus ke fitur dan kenyamanan Lexi ini juara menurut saya.

Performa Yamaha Lexi S 125

Mesin Yamaha Lexi ini meskipun 125cc blue core 4 klep sudah VVA seperti kakaknya NMax, performanya ternyata uenak polll… buat nanjak yang curam berboncengan gak perlu gas dalem-dalem udah enak libas tanjakan. Akselerasinya ternyata ga kalah sama NMax responsif apalagi kalo sudah 6000 rpm lebih saat VVA nya aktif wuzzzzzz ,,, saya pernah coba betot gas tau-tau udah 95km/jam. Karena jalanan sudah mulai ramai saya turunkan lagi gas lebih rendah.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi S 125

Nah akhirnya merucut ke kesimpulan, yaitu hasil akhir dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan Yamaha Lexi S 125 ini yaitu karena jok yang lebar maka kaki jadi jinjit padahal saya tingginya 170an cm lho, namun ini bisa diakali dengan lowering kit atau papas jok sedikit. Kekurangan kedua ada pada spidometer, sebenernya ga ada yang salah dari spidometernya tapi mika cover spido ini silau. Mungkin karena posisi mika covernya agak jauh dari spidometernya.

Cover spido nya silau

Tinggi 170cm masih jinjit

Kemudian kelebihan Yamaha Lexi 125 ini ada pada kenyamanan baik itu pengendara atau pun pembonceng, kemudian performa meskipun 125cc namun tidak kalah performanya dibandin NMax 155. Mungkin karena teknologi 4 klep VVA nya itu. Kemudian kelebihan terakhir yaitu fitur-fitur yang ada di Yamaha Lexi ini sangat fungsional. Ibarat kata beli standar pabriknya saja sudah mumpuni untuk performa dan fitur fungsional lain tanpa perlu tambahan variasi pendukung operasional lain.

Nyaman juga buat boncengan