MOTOR OTO TIPS SERBA SERBI

Review Oli Singer untuk Rantai Motor

Salah satu kewajiban pengguna motor yaitu perawatan. Berbagai jenis perawatan yang umum untuk motor mulai dari servis berkala, ganti oli, sampai overhaul.

Perawatan ringan salah satunya yaitu melumasi rantai motor (kecuali matik). Rantai sebagai media penyalur dari mesin ke roda juga sangat penting. Jika kering ataupun berkarat bisa jadi masalah selagi riding.

Mumpung musim hujan gini perawatan rantai motor juga kudu lebih intens ya sob. Karena air hujan yang berkesinambungan juga menyebabkan rantai motor berkarat, terlebih air hujan mengandung asam salah satu senyawa penyebab karat.

Merawat rantai motor selain memperhatikan kekencangan dan kondisi rantai salah satunya juga dengan melumasi cairan khusus rantai motor.

Saat ini sudah banyak cairan pelumas untuk rantai biasanya yang model semprot. Tapi kali ini saya mau sharing dikit pengalaman saya melumasi rantai motor menggunakan all purpose oil dari merk Singer.

Review Oli Singer Untuk Rantai Motor

Oli ini populer dikalangan mesin jahit karena memang ini diproduksi oleh merk salah satu mesin jahit. Sesuai tag linenya all purpose oil jadi oli ini tidak hanya digunakan untuk mesin jahit, salah satu fungsinya juga bisa melumasi rantai motor.

Penggunaannya juga cukup mudah tinggal diolesi ke rantai sambil memutar roda sehingga keseluruh rantai bisa merata terlumasi oli ini. Jangan terlalu banyak oli yg dilumasi kerantai nanti sisa oli bisa nyiprat (oli lebih encer) pada saat riding. Secukupnya saja.

Tidak seperti pakai oli bekas yg lebih pekat (tidak direkomendasikan), oli singer ini tidak membuat debu lengket di rantai yang membuat rantai jadi kotor dan kasar.

Pengalaman saya pakai oli Singer di rantai motor ini frekuensinya pelumasannya lebih jarang dibanding pakai model semprot yang juga membuat rantai cepat molor.

Pengalaman saya pakai pelumas rantai model semprot (merknya lupa) malah lebih boros. Karena cepat kering sehingga frekuensi pelumasan lebih sering dan efek lainnya rantai lebih cepat molor. Padahal 1 kalengnya berkisar 15ribuan tergantung merk.

Mungkin saat ini ada merk terbaru dari pelumas rantai motor yang lebih baik lagi tapi saya sudah “kadung” cocok pake oli Singer. Selain bikin rantai awet harga jual nya juga murah, mulai dari 5ribuan. Dimensi botolnya juga kecil jadi bisa dibawa kalo jalan jauh / touring.

Begitulah review saya menggunakan oli Singer sebagai alternatif untuk melumasi rantai motor, semoga bermanfaat.

33 Replies to “Review Oli Singer untuk Rantai Motor

  1. Nah….ane juga dulu seting pake oli ini buat pelumas rante sufit….lumayan lama nempelnya kecuali klo abis kena hujan langsung ilang, tp better lah dari pada pake oli mesin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *