OTO NEWS

Pertama Kali Ikuti Kontes Mekanik, Ardhi Berhasil Juarai ITGP 2018 Semarang

Sesuai janji saya di artikel sebelumnya kali ini saya mau share para peserta yang memenangkan kompetisi mekanik pada gelaran Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) yang berlangsung di Semarang 6 Juli 2018.

Adalah Ardhi Suli hasil Teknisi asal Jember itu, sukses meraih podium juara pertama dalam ajang Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2018. Teknisi yang baru pertama kali terjun dikontes mekanik setelah bergabung dengan Yamaha selama 4 tahun itu mampu mengungguli poin lawan-lawannya dan berhak mewakili Indonesia di ajang World Technician Grand Prix (WTGP) 2018.

Final ITGP 2018 ini merupakan rangkaian kontes teknisi yang sudah dimulai dari seleksi awal di Maret, hingga tahap ITGP Regional yang dilaksanakan di Yamaha Training Center. Seluruh teknisi Yamaha se-Indonesia telah mengikuti ajang ini, hingga tersaring 26 teknisi terbaik yang berlaga di Final ini.

Para peserta Final ITGP harus melalui 2 tahap pengujian, yaitu Tes Pengukuran dan Perawatan Dasar Sepeda Motor, lalu Tes Perbaikan Sepeda Motor dan Komunikasi Konsumen. Metode pengujian dan alat yang digunakan menggunakan standar global Yamaha seperti di negara-negara lain. Yamaha Indonesia sudah sejak lama mewajibkan teknisinya menguasai peralatan modern untuk menghadapi perkembangan teknologi FI dan keinginan konsumen.

Ardhi akhirnya mengantongi hadiah 10 juta dan lanjut ke World Technician Grand Prix (WTGP) serta gratis tiket nonton MotoGP Sepang.

“Juara ITGP nasional ini akan menjadi wakil Indonesia dalam World Technician Grand Prix (WTGP) di Jepang, Oktober 2018 nanti. Ini adalah kebanggan kita semua melihat wakil Indonesia ada di kompetisi teknisi Yamaha se-Dunia. Kita doakan bersama teknisi kita bisa mengharumkan lagi Merah Putih di kancah dunia, seperti rider kita, Galang Hendra Pratama yang sukses menjadi juara di WorldSSP300 Brno”, ujar M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport YIMM.

Selain ajang ITGP, bertempat di lokasi yang sama, diadakan juga SMK kontes nasional 2018. Kontes bagi siswa-siswa SMK Binaan Yamaha ini di ikuti oleh 47 SMK se-Indonesia yang telah memiliki “Kelas Khusus Yamaha”. Tahun ini merupakan gelaran ketiga kalinya, dan pada kesempatan yang sama juga dilakukan Peluncuran Kurikulum SMK Kelas Khusus Yamaha yang disaksikan oleh Saryadi selaku Kepala Sub Direktorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kontes SMK ini menggunakan metode pengujian standar Yamaha, sehingga diharapkan siswa yang berhasil menjuarai kontes ini pun kualitasnya sekelas teknisi Yamaha. Dari 47 siswa yang bertanding, Hendri Firmansyah dari SMK NU Ma’arif Kudus, berhasil mengumpulkan poin tertinggi dan keluar sebagai Juara Pertama Kontes SMK ini.

Digelarnya ITGP dan kontes SMK 2018 ditempat bersamaan adalah guna memberikan motivasi kepada siswa SMK agar terus berjuang menjadi lebih baik. Teknisi Yamaha Indonesia yang sebagian besar juga lulusan SMK diharap jadi motivasi mereka untuk dapat terus mengembangkan diri agar nantinya bisa menjadi generasi baru di ITGP selanjutnya.

Berikut adalah para pemenang ITGP 2018 dan SMK Contest 2018:

Juara ITGP 2018:
Juara 1 – Ardhi Sulistiyo, Jember
Juara 2 – Hadi Suwarno, Ponorogo
Juara 3 – M. Arifin, PekanbaruJuara SMK Contest 2018:Juara 1 – Eri Yudiswan, SMK Negeri 1 Percut Medan

Juara 2 – Mochammad Qoyyum, SMK Kertanegara KediriJuara 3 – Hendri Firmansyah, SMK NU Ma’arif Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *