HOBBY RC Adventure

Perbedaan Mobil Remot Mainan dan Hobi

Sejak awal Juni 2020 kemarin saya mulai nyemplung nih di dunia RC Adventure, gegaranya sih anak lanang minta mobil remot sampe nangis-nangis (gak biasanya begitu). Dalam pikiran saya kalo dibelikan RC hobi kan banyak tuk spare partnya sampe ke part upgradenya jadi kalo rusak gak perlu beli unit RC lagi seperti rc mainan biasa tinggal beli part yang rusak saja. Setelah jalan-jalan di took online ada yang versi murahnya alias mini scale 1:12 dengan harga mulai dari 500an ribu saja.

Nah singkat cerita setelah cari-cari info upgrade part apa yang cocok belum ketemu nih baik itu blog ataupun vlog yang membahas detil upgrade secara objektif, kebanyakan membahas secara subjektif. Karena itu di blog ini akan coba saya bahas pelan-pelan apa saja yang berkaitan dengan RC adventure berdasarkan observasi saya dan pengalaman dari teman-teman. Kalo ada tanggapan atau sanggahan jelas sangat diperlukan ya, bisa komen di artikel ini ya.

Perbedaan RC Hobi dan RC Mainan

Bagian awal saya deskripsikan dulu nih ya pengertian RC atau mobil remot. Berbeda dengan mobil remot mainan anak, RC hobi (meski mainan juga) biasanya memiliki detil yang bagus (scale) menyerupai aslinya dan memiliki ketersedian part dan part upgradenya. Berbeda dengan rc mainan yang tidak memiliki sasis/rangka, di rc hobi baik itu rangka, suspensi, body, garden, elektrikal dan motor (dynamo) bisa dilepas satu persatu untuk keperluan ganti part atau upgrade.

https://youtu.be/s_x74hhnTwQ

Jenis-Jenis Mobil Remot RC

Selain rc hobi dan rc mainan ada juga perbedaannya dari sistem atau mekanisme gerak dari rc tersebut yaitu QD, Semi Propo dan Full Propo.

1. QD (Quick Drive)

Quick drive ini paling umum dijumpai di mobil remot di pasaran, cirinya ketika di tekan gas pada remotnya baik itu maju ato mundur langsung kencang, tidak bisa melambat.

2. Semi Propo

Kalo di semi propo (proporsional) jika kita tekan gas pada remot baik itu maju dan mundur sudah bisa pelan dan kalo ditekan penuh tombol gas bisa ngebut. Namun untuk steering (belok kanan-kiri) masih patah alias cepat seperti jenis RC QD(Quick Drive). Makanya dinamakan semi propo.

3. Full Propo

Nah di full propo itu versi yang lebih baik dari semi propo, steering bisa belok sedikit-sedikit sampai ke full belok. Hal ini bisa terjadi karena penggerak steeringnya sudah menggunakan servo bukan motor(dynamo) seperti yang dipakai pada rc jenis QD dan Semi propo. Full propo jadi hal standar untuk RC Hobi karena sensasi bermainnya lebih baik bisa mirip nyetir mobil beneran.

Untuk RC Hobi skala 1:12 sekarang sudah ada yang jual full propo dibawah 1 jutaan, contohnya merk yang paling popular dimainkan yaitu MN D99 dan WPL C34. Kalo rc yg saya beli untuk anak MN45 seharga 600rb. Kalau mau diupgrade juga bisa dan ketersedian partnya bisa dibilang melimpah.

Detil bagian-bagian rc hobi saya jabarkan di artikel berikutnya ya ,,

https://youtu.be/625NStsVZPc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *