OTO SPORT ROAD RACE

Peranan Data Logger di Dunia Balap Saat ini, Mychron Merk Terlaris???


Mulai 2010 dunia balap motor tanah air makin tertantang ketika alat-alat canggih mulai dipakai di balap motor di tanah air. Contohnya data logger yang mulai diprakarsai oleh Ibnu Sambodo dan beberapa mekanik di Jogja lainnya.

Data logger ini lebih popular di gokart, drag race dan balap mobil lainnya. Karena fungsi alat ini penting dalam pengembangan motor balap sendiri akhirnya jadi trend sendiri akibat kebutuhan.

Sebenernya apa sih fungsi data logger?

Sesuai dengan namanya yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Data logger adalah perekam data. Selain mencatat waktu per lap data logger bisa merekam data rpm mesin, temperatur mesin, bahkan warning alarm suhu mesin yang bisa diseting sebelumnya.

Nah dari data yang sudah terekam pada data logger tersebut digunakan untuk mengetahui seberapa kondisi motor dan gaya balap si pembalap. Misalkan, ada data yang menujukkan motor berkitir di 3.000 rpm, padahal persneling menunjukkan gigi 3. Artinya, pembalap tidak memacu motor di rpm yang ideal. Seharusnya rpm bisa berkitir hingga 12 ribu saat gigi tiga.

Contoh lain, mekanik sudah menset warning light alias lampu peringatan suhu mesin. Misal, warning light diset di temperatur 200 derajat celcius. Pas balapan rider terus gas pol meninggalkan pembalap lainnya tanpa memperhatikan lampu yang sudah menyala. Mesin pun meleduk. Setelah dicekti, suhu mesin sudah menyentuh 230 derajat celcius.

Data dari Data Logger Wajib Diolah

Data dari data logger masih mentah belum bisa dilihat wajib diolah dulu di laptop supaya terlihat settingan motor.

Hasil data tersebut bisa jadi acuan mekanik untuk menentukan settingan motor yang optimal dan juga bisa memprediksi ketahanan mesin kuat berapa lap.

Data Logger Mychron

Untuk merk data logger yang sering dipakai di tanah air yaitu Mychron, dan Mychron sendiri memiliki beberapa generasi namun yang popular di Indonesia yaitu Mychron 4. Meski sudah ada generasi yang lebih canggih namun Mychron 4 ini sudah cukup untuk keperluan balap motor di Indonesia.

Pada layar Mychron 4 ditampilkan data laptime, suhu mesin, dan rpm, ada juga warning light untuk suhu mesin yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Mychron 4 ini sudah banyak dijual ya di tanah air salah satunya adalah Chiko Sakti Sekali yang saat ini jadi Authrized Dealer dari AIMSportline yaitu pemegang merk Mychron. Chiko sendiri saat ini menyediakan Mycrhron yang lengkap mulai dari Mychron4, Mychron5 , Mychron5 2T , Solo 2 dan Solo 2Dl , MXM dan AIM.

Untuk lebih jelasnya bisa kontak langsung Chiko di no hp 081282640329  yang buka gerai di seputaran Depok. “Barang dijamin asli dan termurah” ujar pria berkacamata ini.

13 Replies to “Peranan Data Logger di Dunia Balap Saat ini, Mychron Merk Terlaris???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *