Suzuki Nex ll sudah dirilis resmi beberapa waktu lalu oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan desain atraktif dan serba meruncing serta full fitur.

Ini membuktikan keseriusan SIS untuk fight back dan nyemplung di segmen paling gurih di market share roda dua di Indonesia. Bagaimana tidak, desain Nex ll mirip-mirip dibanding Honda Beat yang sampai sekarang masih menjadi motor paling laris di pasaran.

Secara angka mungkin masih dini jika kita bicara tentang penjualan Suzuki Nex ll ini. Ya karena baru hampir 2 bulan penjualan, Nex ll masih dalam tahap penetrasi ke masyarakat. Jika kita menilik produk matik Suzuki lainnya ada juga Address dengan kapasitas mesin yang sama yaitu 115cc, dimana memang basis kedua motor tersebut adalah sama.

Harga jual Address dan Nex ll hanya terpaut selisih 1juta 400ribu saja. Nex ll Rp 13.950.000 dan Address 15.350.000 (OTR Jakarta). Dengan selisih harga yang cukup mepet akankah posisi Address bakal terhimpit oleh “adiknya” Nex ll? apalagi kalo kita lihat perilaku konsumen Indonesia sangat sensitif dengan harga.

Lalu apa perlu Address naik cc menjadi 125cc ???

Menurut Pak Yohan Yahya selaku Marketing and Bussiness Development Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W pada sesi Media Gathering fi kota Batam menjelaskan bahwa untuk saat ini Nex ll dan Address berada di segmen yang paling ramai (skutik 110cc) dengan potensi market 200ribuan unit perbulan, Nex ll dan Address bakal jadi pilihan untuk calon konsumen dalam membeli matik 110cc. Namun tidak menampik juga jika pasar bergeser Address bisa juga naik kapasitas jadi 125cc.

Nah itu dia alasannya kenapa Address masih nyemplung di skutik 110cc. Lagi pula Address ini produk global yang produksinya terpusat di Indonesia, jika ada diferensiasi dengan produk global otomatis ada penyesuaian lagi di produksinya yang berujung pada cost productionnya.

Jadi kesimpulannya Nex ll sudah didesain oleh insinyur Jepang menyesuaikan pasar dan peruntukannya lebih besar untuk Indonesia sedangkan Address porsinya lebih besar untuk ekspor.

Mau Nex ll ato Address ??? sama-sama kualitas bagus ala Suzuki ya bro sis jarang yg kecewa hehehe

Bonus …