Banyak pengguna motor matik merk apapun mengalami mogok secara tiba-tiba. Padahal kelistrikan/aki normal dan bbm masih mencukupi.

Dari kasus mati mendadak ini ada 2 kasus yang pernah saya alami sendiri dan saya rasa juga banyak dialami pengguna motor matik lainnya.

Yang pertama yaitu yang paling banyak terjadi dan pada umumnya terjadi pada motor matik injeksi tahun terbaru. Penyebab utama mati mendadak yaitu tidak adanya kompresi pada ruang bakar. Pabrikan motor baru saat ini terutama matik settingan dibuat hemat/irit, karena terlalu irit pasokan bahan bakar terlalu sedikit sehingga ruang bakar mengalami panas berlebih dan akhirnya mogok.

Solusinya sebenarnya mudah, cukup diamkan dalam kondisi kontak off selama kurang lebih 5-10 menit kemudian hidupkan kembali secara normal (starter/engkol) motormu akan hidup kembali secara normal.

Yang kedua yaitu jika solusi dipoin pertama tidak kunjung jua maka lakukan langkah berikut. Coba engkol dan rasakan apakah pada saat mengengkol berat (ada kompresi) atau ringan (tidak ada kompresi). Jika ini yang terjadi kemungkinan ring piston atau payung klep terganjal kerak dari ruang bakar yang sudah tebal sehingga kompresi tidak ada.

Solusinya juga cukup mudah, buka busi dan pancing kompresi dengan memasukan sedikit oli sisa atau bekas ke dalam ruang bakar melalui lubang busi. Lebih mudah pakai sedotan minuman karena bisa lebih mudah masuk ke selah-selah mesin. Kemudian tutup rapat pakai jari tangan lubang busi tadi sembari mengengkol dan gas dibuka penuh pada saat kontak off. Engkol terus sampai ada suara mbledos dari jari yang kamu pakai untuk menutupi lubang busi. Mledos tadi tandanya kompresi sudah kembali seperti semula. Pasang busi dan hidupkan motor, jangan khawatir asap tebal keluar dari knalpot karena itu sisa oli yang kamu masukkan sebelumnya.

Pada poin kedua tadi merupakan solusi sementara ya, selanjutnya jika sudah ada alokasi waktu dan dana kamu harus bawa ke bengkel untuk membersihkan kerak pada ruang bakar dan sekur ulang klep supaya tidak terjadi hal yang sama.

Semoga bermanfaat !!!