BATAM OTOMANIA – Drama seru bagi Marquez di race Motogp 2013 Philips Island, Australia. Sang rookie tidak dapat melanjutkan race setelah race direction memberikan bendera hitam kepada calon juara Motogp 2013 ini. Mari kita tarik ke belakang ceritanya,,,

Race kali ini agak berbeda dengan race Motogp seri sebelumnya. Race kali ini dibuat menjadi 2 race, yaitu lap 1-9 dan lap 10-19 atas alasan safety. Kenapa? sirkuit Philips Island Australia baru-baru ini melakukan pengaspalan ulang, dan berdasarkan teknisi Bridgestone menyatakan kondisi aspal mulus dan memiliki tingkat abrasif yang tinggi sehingga kondisi hard kompon pun tidak akan sanggup untuk 27 lap race. Dengan pertimbangan safety dewan juri Motogp memangkas jumlah lap dari 27 lap menjadi 19 lap dan membagi race menjadi 2 babak. Seluruh pembalap diwajibkan mengganti tunggangan di akhir lap 9 dengan kondisi ban baru demi alasan safety.

Regulasi baru ini dibuat setelah warm up lap minggu (20/10/13). Marquez pun menganggap ini adalah tantangan baru. 9 Lap awal Lorenzo, Pedrosa dan Marquez bertarung dibaris pertama. Lorenzo ingin sekalimembuktikan bahwa Yamaha bisa menebas serangan dari kubu rivalnya Honda-Repsol.

Kejadian berawal disaat Lorenze diposisi terdepan diman Marquez membayanginya di lap 9 akhir Marquez mengabaikan tim kru untuk masuk pit line dan menukara tunggangan. Narquez baru masuk pit line di lap 10 akhir dan harus menerima bendera hitam di lap 11 seelah kembali ke sirkuit dengan tunggangan ke-2 nya. Juri menganggap, Marquez tidak mengindahkan peraturan race dan mengabaikan safety.

Well,,, mungkin Marquez tidak sepenuhnya salah apabila ditinjau dari peraturan baru yang baru minggu pagi de release sejak perubahan peraturan race di hari sabtu yang menyataka race dikurange 1lap dari 27 ke 26 lap saja. Perubahan peraturan yang terlalu cepat berubah bisa juga mengganggu konsentrasi juara pembalap.

Masih belum ada keterangan resmi dan pasti baik itu dari MOtogp dan Honda-Repsol mengenai case ini,,, yang paling pasti Marquez kehilangan poin di race ini, sehinggan selisih poin dari Lorenzo mendekati 18 poin saja dibwah Marquez dengan 1 seri pertunjukan balap Motogp tersisa.

sumber : www.motogp.com