Ceritanya lagi servis Hayate ke bengkel langganan, ndak tahunya Hayate saya harus nginap dan dipasrahi Mio Sporty warna hijau milik bengkel untuk dipakai wara-wiri selama Hayate saya sedang rawat inap.

Awal mula biasa sih, tampang Mio Sporty tahun produksi 2010 warna hijau ini bertampang standar, ubahan yang kelihatan sih dari knalpot yang sudah diganti tipe silent dan ban yang lebih besar dari ukuran standar.

Nah begitu dinaiki kok spidometernya seperti kenal tapi spido apa ya… dan ternyata iti spidometer punya Satria F150 aka FU. Uniknya setelah dikonfirmasi sama empunya spido ini berfungsi normal.

Spidometer yang digunakan adalah spidometer Satria F150 generasi awal. Kombinasi digital dan analog. Ada indikator Rpm, kecepatan, bensin dan odometer. Dan kesemuanya ini fungsi normal lho.

Yang menarik yaitu indikator RPM atau takometer Si Unyil nama panggilan mekanik yang buka praktek di daerah Simongan, Semarang ini menyambungkan dari kabel sensor pulser. Sehingga takometer bisa berfungsi normal. Aslinya Yamaha Mio tidak ada indikator RPM.

Begitu juga dengan odometer, speedometer, dan indikator bensin berfungsi normal. Yang tidak berfungsi yaitu indikator/lampu Netral dan top gear, ya wajar kan motor matik ga ada gigi netral ato pun top gear heheh… Silahkan lihat videonya untuk lebih detil.

Nah pertanyaan yang muncul adalah seberapa akuratnya speedometer ini??? Ternyata setelah dibandingkan dengan Vario 125 standar deviasinya mencapai 5-10km/jam.

Speedometer kepunyaan Satria F150 ini didapat dari kondisi bekas yang rusak dan tidak terpakai, setelah diperbaiki kemudian dipasang di batok lampu bagian belakang dengan dibentuk dan direkatkan menggunakan plastic steel.

Gimana menurutmu gaes????