Kemarin SIS baru saja merilis Suzuki GSX 150 Bandit, dimana ini nantinya akan terjun di segmen sport 150cc. Jika kita melirik segmen tersebut sudah bertengger Honda CB150 dan sang pionir Yamaha Vixion yang sudah sejak lama terjun.

Baca juga : Suzuki Bandit 150 Akhirnya Dirilis Di GIIAS, Berikut Pilihan Warnanya

SIS memposisikan GSX 150 Bandit ini dibawah GSX S150 jadi dari harga lebih terjangkau. Nah jika seperti itu maka peta persaingan sport 150 ini kedepannya bakal semakin seru. Saya ambil perbandingan CB150 standar dan Vixion (Bukan Vixion R) supaya sepadan dengan Bandit R dari segi harga jual.

Yuk kita komparasi ketiga motor tersebut !!!

Dari desain mungkin CB150 lah juaranya, kesan kekar dan sporty melekat di sport Honda ini, sedangkan Vixion lebih ke sporty dengan desain yang mengalir dari depan ke belakang. Kemudian Bandit bisa dibilang ga cakep-cakep amat, namun SIS sudah menjawab respon pasar dimana SIS sudah merevisi desain headlamp ala spartan dari Satri FI dan posisi jok tandemnya.

Dari Segi mesin mungkin Bandit lah yang paling juara, mesin real DOHC 4 klepnya mampu berkitir hingga 13.000 rpm dengan daya maksimum 14,1kw(19PS) terbesar dikelasnya. Sedangkan CB150 diposisi kedua dengan 12,4 kW dan Vixion 12,2 kW. Padahal kapasitas volume silinder Bandit paling ciut dibanding lainnya.

Dari rangka Vixion yang juara karena dari awal rilis memang sudah menggunakan deltabox yang sporty banget, sedangkan CB150 masih konsisten dengan rangka diamond truss alias tralis, sedangkan Bandit memakai rangka jenis twin spar. Sedangkan kakinya hampir sama depan teleskopik, belakang swing arm monoshock pipa kotak.

Dari Fitur pun 11-12 dari ketiganya, FULL Digital speedometer, Shutter key system, Lampu LED (CB150 sudah fulll LED). Sedangkan Vixion lebih lengkap karena sudah pakai Hazzard.

Dari segi harga cuma Bandit saja yang belum dirilis resmi oleh SIS, namun jika Bandit diposisikan dibawah GSX S150 yang dihargai Rp 24.750.000, bisa jadi Bandit dipatok diharga 23 jutaan dan menjadikan Sport 150cc termurah dibanding rival-rivalnya.

Berikut spesifikasi CB150, Vixion dan Bandit 150 :

Baca juga :