2 strokes lover tanah air terutama daerah Jakarta-Jawa Barat sepertinya lagi demam sport jadul asal Thailand yang saudaranya Ninja yaitu KR dan Serpico. Bahkan beberapa komunitas Ninja merubah bentuk Ninjanya supaya mirip dengan KR, Kalo Serpico jarang sih karena partnya juga sangat susah dicari.

Sebenernya apa sih bedanya Ninja, KR dan Serpico ??? Basis mesinnya sih sama untuk ketiga varian tersebut cuma ada beberapa bagian yang berbeda sesuai dengan negara dimana motor tersebut beredar. Kalo kita lihat KR dan Ninja bedanya ada di desain stoplamp belakang dan penggunaaan fairing minimalis. Justru yang banyak berbeda yaitu Serpico. Ok saya bahas Serpico ya di artikel ini.

 

Serpico ini beredar di negara pembuatnya yaitu Thailand, mulai dirilis tahun 1993. Dari pertama rilis hingga disuntik mati ada 4 varian Serpico yaitu Serpico S, Serpico SS, Serpico SE dan Serpico SST.

Berikut perbedaan dari 4 varian Serpico tersebut :

  • Serpico S : Half Fairing, Velg Spoke/Jari-jari
  • Serpico SS : Full-Fairing, Velg Cast/ Racing
  • Serpico SE : Full Fairing, Special Edition + Part Racing PDK-Tsukigi
  • Serpico SST : Edisi Terakhir

Kalo dilihat desain Headlamp dan tanki sih gak ada beda dengan KR series, yang paling menonjol yaitu rangka Twinspar yang besar mirip moge. Dan juga taillight model 3 baris yang jadul abis, sekilas sih seperti taillight Ford Mustang jadul. Eksotis !!!

 

Mesin pada generasi awal (Serpico S) sudah memakai super-kips dan sanggup memuntahkan 38hp pada 10.500Rpm. Sedangkan varian setelahnya sudah upgrade ke Hi-KIPS, bahkan untuk varian SE yang sudah pakai blok emas PDK dan Knalpot Tsukigi powernya malah tembus 40hp pada 11000 Rpm. Busyettt !!!! Jaman sekarang mana ada power segede gitu untuk motor 2tak.

Sayang ditahun 2000an Serpico disuntik mati dan Serpico SST adalah generasi terakhir dari Kawasaki Serpico. Motor ini tidak dijual di Indonesia, jika pun ada dibawa masuk oleh importir umum dan jumlahnya pun bisa dibilang sangat-sangat jarang.

Punya pengalaman dan cerita tentang Kawasaki Serpico??? share dikolom komentar ya gaess …

Baca juga :