Catatan penting di kelas Kejurnas Sport 150 cc dalam race ke-2 gelaran Indospeed Race Series 2018 (IRS) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (25 November). Bahwa racer tim Yamaha 549 Kaboci, Richard Taroreh sudah memastikan gelar juara nasional Sport 150 cc. Walaupun finish ke-5, namun pundi poinnya sudah tidak terkejar lagi. Dimana sudah berjarak 55 poin dengan Reynaldi Pradana (Yamaha HDS Racing) sebagai rival terberat. Meskipun masih ada sisa 1 seri lagi yang akan dihelat pada 12-13 Desember.

“Saya sudah mempersiapkan strategi dan target saya memang harus di depan Rere. Namun pada 2 lap terakhir, persaingan sudah semakin sengit dan saya mengambil untuk safety agar bisa kunci gelar juara nasional. Puji Tuhan meskipun finish posisi ke-5, saya sudah mempertahankan klasemen dan menjadi juara nasional Sport 150. Terima kasih untuk tim, sponsor dan fans yang sudah mendukung saya dan akhirnya bisa mempertahankan juara nasional pada kelas ini,” tukas Richard Taroreh yang mempertahankan juara nasional Sport 150 cc yang diraih di tahun 2017. Mengacu pada hal ini, maka perfoma Yamaha YZF-R15 terus memborong predikat juara nasional Sport 150 cc sejak pertama kali dihadirkan (2016) yang diraih oleh Syahrul Amin tim Yamaha Bahtera.

Saat perjalanan race ke-2, pembalap-pembalap Yamaha bersaing ketat untuk bisa finish terdepan. Pada akhirnya dua pembalap tim Yamaha menunjukkan konsistensi dalam race ke-2 ini. Ada Rafid Topan (Yamaha RRS) dan Gupita Kresna (Yamaha Oryza) yang sukses merebut podium juara dan runner-up dalam yang diramaikan 28 starter. Mereka hanya berbeda tipis 0,017 detik saja.

Terbukti nyata pula bahwa 9 rider yang mengendarai motor Yamaha YZF-R15 dapat mendominasi 10 besar dari hasil race ke-2 Kejurnas Sport 150 cc. Selain Rafid Topan dan Gupita Kresna, juga ada Reynaldi Pradana (Yamaha HDS Racing), Richard Taroreh (Yamaha 549 Kaboci), Murobbil Fatoni (Yamaha 549 Kaboci), Iksan Lala (Yamaha RRS), Wahyu Nugroho (Yamaha Bahtera), Wahyu Aji Trilaksana (Yamaha HDS) dan Wawan Wello (Bromo Jaya Mix).

“Saat race tadi, kondisi trek setelah hujan sangat mendukung saya untuk balapan pada race ke-2. Meskipun start dari posisi ke-16, saya sudah optimis untuk bisa bersaing di rombongan depan. Dua lap terakhir, saya mulai untuk bisa masuk ke depan dan pada lap terakhir dan saat keluar tikungan terakhir, saya ambil momen slip-streaming di belakang Gupita Kresna dan Alhamdulillah bisa meraih podium pertama,” ujar Rafid Topan.

Pada bagian lain, Rey Ratukore (Yamaha RRS) dapat menunjukkan perfoma terbaiknya dengan merenggut podium ke-3 dalam race kedua Kejurnas Sport 250 cc. Rey, sapaan akrabnya dapat konstan berada di barisan depan. Pacuan Yamaha YZF-R25 nya tampil prima.

Bahkan dalam beberapa lap, Rey dapat memimpin jalannya race. “Puji Tuhan di race ke-2 ini saya berhasil meraih podium ke-3. Saya sangat senang bisa tampil prima dan bersaing di rombongan depan. Lap by lap saya bisa konstan dan sempat berada di depan. Namun pada akhirnya saya hanya mampu finish di urutan ke-3 dan masih bisa mempertahankan posisi klasemen di posisi ke-3. Target, saya bisa di final seri nanti saya bisa berada di posisi runner-up dalam klasemen,” ujar Rey Ratukore.

Berdasarkan klasemen sementara Kejurnas Sport 250 cc, Rey Ratukore mengantongi 96 poin yang berada di deretan 3 besar. Potensi untuk meningkatkan posisinya masih terbuka lebar saat sesi pamungkas IRS 2018 nanti (12-13 Desember).