Gaess musim balap 2019 sudah didepan mata, melalui Yamaha Indonesia Motorsport Conference 2019 yang digelar pada Jumat (1/3), di Yamaha Flagship Shop, Jakarta, Yamaha Indonesia merilis tim-tim dan pembalap Yamaha yang akan berjuang ditingkat kejurnas dan internasional.

Untuk Motoprix ada 14 tim Yamaha yang akan bertarung, dimana untuk wilayah Sumatera (Region 1) terdapat 4 tim, wilayah Jawa (Region 2) terdapat 5 tim, wilayah Kalimantan (Region 4) terdapat 2 tim dan wilayah Sulawesi (Region 5) terdapat 3 tim. MX King dan Jupiter Z1 masih diandalkan untuk bertarung di semua region.

Kemudian di kejurnas Indospeed Race Series (IRS), Yamaha menurunkan 5 tim yang akan berlaga di kelas Sport 150 dan Sport 250 dengan menggunakan motor All New YZF-R15 dan New YZF-R25. Pada gelaran IRS 2018,

Nah di kancah balap Internasional, Yamaha Indonesia kembali menunjukan komitmennya untuk membawa para pebalap lokal ke kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC). Pada musim ini, Yamaha Racing Indonesia akan menurunkan empat pembalap andalanya yaitu M. Faerozi dan Anggi Setiawan yang keduanya merupakan jebolan Yamaha VR46 Master Camp dan akan turun di kelas Asia Production 250 (AP250) menggunakan motor New YZF-R25 generasi terbaru.

Sedangkan dikelas Underbone 150 (UB150), dua pembalap belia Wahyu Nugroho dan Aldi Satya Mahendra yang juga merupakan adik kandung dari Galang Hendra Pratama siap bertarung menggunakan motor MX-King 150. Pemilihan dua pembalap muda untuk bertanding di level kejuaraan Asia merupakan gambaran atas proses penjenjangan yang dilakukan oleh Yamaha Indonesia terhadap para rider-rider muda berbakatnya, agar kedepannya, ketika mereka melangkah ke kejuaraan dunia, para pembalap tersebut masih dalam rentang usia yang muda sehingga lebih kompetitif baik dari segi fisik maupun mental.

Di level kejuaraan dunia ada nama Galang Hendra Pratama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pembalap asal Yogyakarta tersebut kembali dipercaya oleh Yamaha Indonesia untuk berlaga di kejuaraan World Supersport 300 (WSSP300) dengan menggunakan motor New YZF-R3 generasi terbaru yang merupakan produksi Indonesia dan bergabung kedalam tim Yamaha Moto X Racing. Tahun ini adalah tahun ke-2 bagi Galang untuk kemabali menjalani balap satu musim penuh dan berupaya kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Seperti yang sebelumnya telah dilakukan pada musim 2018 dimana ia berhasil merebut podium pertama di sirkuit Brno, Republik Ceko dan sirkuit Jerez, Spanyol saat berstatus sebagai pebalap wild card di tahun 2017.

Berikut Formasi Lengkap Tim Yamaha Racing Indonesia di 2019