Demam offroad makin memanas, layaknya semut menjalar diberbagai daerah sebagai tren gaya hidup bermotor terbaru.

Saat ini ada pabrikan Jepang yang bermain disegmen ini yaitu KLX150 dan CRF150L. Sisanya pabrikan lokal seperti Viar, GasGaz, APPKTM dan lain-lain.

Lalu Yamaha dan Suzuki bagaimana??? 

Untuk pabrikan Suzuki sudah menunjukkan geliatnya meski optimis karena riset dari pabrikan yang satu ini tergolong lama pake banget.

Baca juga : Suzuki DR150 atau RM-Z150, Mana yang Lebih Cocok Untuk Trail Suzuki?

Kemudian Yamaha, meski sudah ada geliat beberapa tahun lalu ke beberapa komunitas namun belum ada kepastian.

Namun opini pribadi kok mengharuskan Yamaha Indonesia kudu cepat menelurkan WR150.

WR150 bisa diambil dari basis WR125 yang sudah lama beredar pulau Eropa sana.

Alasan kenapa harus WR150 sebagai berikut :

1.  Desain WR125 Itu Keren Abiss !!!

Mungkin hanya sebagian kecil orang saja yang meremehkan desain WR125X ataupun WR125R. Uniknya sebagaimana generasi WR knalpot WR125 ada disebelah kiri.

Coba bandingkan motor trail atau pun motor lainnya yang sudah ada di Indonesia ada yang pakai knalpot kiri dari pabrikan?

2. Basis Mesin Sama Dengan Vixion

MX King 150, Vixion, R15, dan MT15 mempunyai basis mesin yang sama dengan WR125. Meski didesain oleh Minarelli terbukti mesin ini durable dan punya performa yang bagus.

Dari segi ongkos produksi ya lebih safe karena common part dengan varian yang sudah ada. Tapi kudu di upgrade jadi 150cc ya karena sport mesin 125cc di Indonesia gak laku.

3. Tradisi Yamaha Buka Segmen Baru 

Tagline Semakin Didepan nya Yamaha memang bisa jadi acuan. Masak sih ngikutin kompetitor yang pakai mesin SOHC 4tak 150cc 2 klep minim teknologi?

Sudah tradisi Yamaha buka segmen pasar baru meski genrenya trail dual sport dengan menelurkan WR150 dengan mesin SOHC 4T 4klep berpendingin air dan tentunya lebih bertenaga. Karakter mesin Vixion kan torsi dan akselerasi bawah enak tuh, pas dong dengan karakter mesin trail.

Baca juga : Ini Dia Penampakan Motor Trail Yamaha

Terlebih seri WR125 di Eropa sana ada versi supermotonya (WR125X). Rilis bebarengan kan makin sip tuh

Nah terlepas dari poin diatas mungkin ada beberapa hal diplomatis yang agak susah membawa nama WR150 ke Indonesia seperti lisensi dan pricing.

But .. jika niat dan Allah berkehendak apa sih yang gak mungkin ????

Baca juga : YAMAHA WR250R : ADVENTURE OKE, HARIAN OKE !!!