Resiko rem teromol jika sudah lama dipakai pasti ada efek bunyi berdecit seperti suara tikus kecepit.

Meski udah gak jamannya rem teromol namun sebagian motor baru masih ada yang pake rem teromol untuk rem belakangnya. Contoh Verza, Revo, Smash Fi, Matik dll.

Nah ada cara mudah dan banyak dilakukan orang jaman dulu nih yaitu membuat alur dikampas rem termolnya.

Caranya mudah banget dan bisa dikerjakan sendiri, cukup modal gergaji besi.

Pertama lepas roda belakang mulai dari as hingga tutup teromol. Lalu ambil kampas rem dari tutup teromol. Bersihkan dulu kampas rem dari debu sisa gesekan.

Cek kondisi kampas jika sudah tipis mending ganti baru. Ambil gergaji besi dan mulai membuat alur. Alurnya sih bebas tapi kalo saya lebih suka alur model seperti difoto, lebih gampang menangkap debu sisa gesekan waktu roda berputar.

Gergajinya jangan terlalu dalam ya, paling tidak dalamnya setengah dari tebal kampas rem. Kalo terlalu dalam apalagi mentok sampe batas lemnya bisa bahaya kampas terlepas. Bahaya tuh kalo lagi riding.

Kalo orang jaman dulu konon katanya trik ini bisa membuat pakem, tapi faktanya ya gak gitu juga namun lebih ke mengurangi bunyi dencit akibat gesekan debu kampas rem apalagi kali pas hujan.

Debu kampas rem terperangkap pada alur-alur yang dibuat tadi, sehingga tidak bergesekan langsung dengan rumah teromol.

Sekian tips ringan kali ini, semoga bermanfaat