OTO SPORT ROAD RACE

HDC Purwokerto 2019, Kudu Ada Kelas Supermoto Komunitas Nih !!!

Hadirnya kelas supermoto di Honda Dream Cup (HDC) 2019 memang memberi warna baru bagi ajang balap satu merk bergengsi ini.

Ada 2 kelas supermoto yang dipertandingkan, yaitu HDC8 – Supermoto STD Open dan HDC9 – Supermoto TU s/d 180 cc Open.

Meski masih mengusung kelas tambahan, kelas supermoto sebenarnya bisa digarap lebih karena animo untuk kelas ini terbilang bagus. Terlebih Honda sudah punya varian motor di kelas ini yaitu CRF150L.

Sungguh Sayang Tidak Ada Penerus Honda Blade di Musim Balap 2019

Trial Game Asphalt (TGA) dan Kejurnas Supermoto merupakan ajang balap yang sudah terlebih dahulu menghadirkan kelas khusus supermoto. Uniknya kelas ini bisa diikuti baik itu pebalap “garuk tanah” grasstrack/motocross ataupun Road Race. Temen saya yang rutin ikut kejurda road race, sebut saja “Bejo” aja ketagihan lho ikut kelas supermoto 175cc.

TGA yang menurut saya sukses mengemas ajang balap ini dengan kelas yang lengkap mulai dari 150cc motor lokal hingga 450cc yang diisi motor-motor SE CBU.

Berkaca dari TGA, kudunya HDC bisa menyuguhkan kelas untuk komunitas ataupun pemula dimana animonya paling banyak disini. Contohnya kelas 150cc STD Komunitas, ataupun 180cc NonPro. Kelas 180cc TU Open khusus diikuti pembalap seeded yang sudah ada seperti Tommy Salim, Fitriansyah Kete dkk.

Tujuan diperlebar lagi kelas supermoto di HDC ini membuka lebih lebar lagi peluang pengguna CRF150L yang demen tekuk setang di aspal pada ajang balap resmi yang kebanyakan di dominasi oleh komunitas. Apalagi komunitas motor Honda saat ini makin menjamur. Disamping itu juga jadi ajang pembibitan untuk pembalap di kelas ini ke jenjang kejurnas ataupun FIM Supermoto.

Tentu saja maksud dari artikel ini sebagai masukan bagi HDC untuk musim depan (2020). Karena untuk musim ini bisa jadi AHM masih melihat potensi dan animo dengan dibukanya kelas supermoto open.

Honda Dream Cup 2019, Apa Perlu Kelas Matik Masuk ke Kelas Utama??

HDC 2019, Akhirnya AHM Mulai Lirik Kelas Matik

Hasil HDC Putaran 4 Purwokerto 17-18 Agustus 2019

 

Foto : iwanbanaran

 

27 Replies to “HDC Purwokerto 2019, Kudu Ada Kelas Supermoto Komunitas Nih !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *