Penampilan Tim Gajser dari Tim HRC sangat menakjubkan di MXGP Semarang. Crosser asal Slovenia memimpin jalannya MXGP sejak lap awal race 1.

Setelah empat lap mempimpin, kemudian dibelakangnya ada Jonass, Seewer, Jasikonis dan Monster Energy Wilvo Yamaha, Resmi Arnaud Tonus MXGP kelima. Febvre sempat melorot ke posisi belakang setelah bertarung keras dengan teman setimnya. Jonass menutup Gajser, tetapi kemudian Gajser mempercepat langkahnya dan naik dua detik setelah enam lap.

Gajser terus mengendalikan balapan di depan dan di lap sembilan ia masih unggul dua detik di atas Jonass, dengan Seewer ketiga, Jasikonis keempat dan Tonus kelima sementara Standing Construct KTM Max Anstie telah melewati rekan setimnya Ivo Monticelli.

Setelah 13 lap pimpinan oleh Gajser unggul lebih dari enam detik atas Seewer, dengan Tonus ketiga, Jasikonis keempat dan Standing Construct KTM Glenn Coldenhoff kelima. Seewer menabrak bukit pada putaran 14 dan menyerahkan tempat kedua pada Tonus. Seewer menemukan jati dirinya lagi di tempat ketiga sementara Coldenhoff mendekati Jasikonis sampai ia berhasil menyalip. Gajser akan memenangkan balapan MXGP pembukaan dari Tonus dan Seewer.

Dalam balapan MXGP kedua, Seewer yang mengambil FOX Holeshot di depan lebih awal dari Gajser, Jasikonis, Jonass dan Tonus. Namun hal itu tidak bisa didiamkan oleh Gajser yang berusaha keras untuk bisa memimpin dan melakukan hal itu setelah setengah putaran balapan.

Akhirnya pada akhir race 2, Gajser kembali memimpin disusul Jonnas, Tonus, dan Seewer. Alhasil Gajser pun memundi poin banyak setelah podium tertinggi di 2 race MXGP of Asia (Semarang). 538 poin Gajser cukup jauh dengan Seewer yang naik ke klasemen kedua dengan raihan 365 poin.

Posisi klasemen ini memungkinkan Tim Gajser sebagai juara dunia MXGP 2019, dengan catatan 7 seri MXGP yang tersisa ia konsisten finish di 3 besar.

MXGP Championship Standings Top 10 :

  1. Tim Gajser (SLO, HON), 538 p
  2. Jeremy Seewer (SUI, YAM), 365 p
  3. Antonio Cairoli (ITA, KTM), 358 p
  4. Arnaud Tonus (SUI, YAM), 346 p
  5. Gautier Paulin (FRA, YAM), 343 p
  6. Arminas Jasikonis (LTU, HUS), 299 p
  7. Glenn Coldenhoff (NED, KTM), 288 p
  8. Jeremy Van Horebeek (BEL, HON), 271 p
  9. Pauls Jonass (LAT, HUS), 268 p
  10. Romain Febvre (FRA, YAM), 243 p