Berita Balap dan Otomotif Terkini

Gan Oli Rutin Pakai Yamalube, Awet dan Berhadiah


Pergantian oli sering dianggap remeh. Padahal banyak kejadian mesin akan rusak apabila telat melakukan penggantian oli pada motor.
Oleh sebab itu, rutin melakukan perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk manual servis dinilai penting bagi pemilik kendaraan. Dan salah satu bentuk perawatan rutin yang dianjurkan tersebut, adalah penggantian oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu. Mengapa penggantian oli mesin itu harus dilakukan? alasannya karena oli punya peranan vital dalam merawat serta menjaga kinerja mesin yang menjadi jantung pacu dari sepeda motor.

“Pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan penggantian oli secara rutin sesuai buku petunjuk manual servis yang dikeluarkan oleh pabrikan. Hal ini kemudian berimbas pada performa motor yang menjadi tidak optimal sehingga menggangu kenyamanan mereka pada saat berkendara. Berkaca dari kondisi tersebut, maka Yamaha merasa perlu membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya,” ungkap Paul Himawan, Cief DDS 3 Jateng-DIY  PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Paul Himawan lantas menjelaskan beberapa mafaat apabila melakukan penggantian oli secara rutin. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Suhu Mesin Terjaga & Performa Motor Menjadi Optimal
Salah satu manfaat rutin mengganti oli adalah suhu mesin yang terus terjaga. Pasalnya, oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja. Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli didalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat. Jika terus dibiarkan kondisi ini justru membuat kinerja mesin terganggu seperti menimbulkan suara kasar dan masalah overheat (terlalu panas), yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

2. Komponen Mesin Lebih Awet & Hemat Biaya Servis
Manfaat lain dari rutin mengganti oli adalah dapat membuat masa pakai mesin menjadi lebih awet. Hal ini dikarenakan fungsi oli yang melumasi secara maksimal dapat mencegah komponen-komponen menjadi lebih cepat aus akibat minim gaya gesek, melindunginya dari korosif atau karat dan juga membersihkan ruang mesin dari serpihan-serpihan kotoran saat mesin bekerja. Dengan demikian biaya servis pun menjadi lebih hemat karena mesin terhindar dari kerusakan berat.

3. Hemat Bahan Bakar & Ramah Lingkungan
Kendaraan yang rutin mengganti oli mesin tentunya memiliki performa dan tarikan yang jauh lebih baik. Hal ini tentunya berimbas pada konsumsi bahan bakar bensin yang lebih efisien. Selain itu, emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan yang rajin ganti oli juga lebih rendah, sehingga secara tidak langsung dapat dikatakan lebih ramah lingkungan.

“Dan pastikan olie yang digunakan dengan memastikan bahwa oli yang konsumen pakai merupakan oli Asli yang berlisensi dari pabrikan. Dapatkan produk asli Yamalube di dealer resmi Yamaha maupun toko oli kepercayaan anda,” tambahnya.

Pakai Oli Yamalube, Hadiah Motor Menanti

Penggantian oli secara rutin selain bermanfaat terhadap sepeda motor, dengan menggunakan oli Yamalube apabila beruntung juga akan mendapatkan manfaat lainnya, yakni beragam hadiah yang tersedia. Program yang akan berakhir hingga 31 Desember 2023 ini secara nasional menyediakan hadiah yang sangat menarik, diantaranta N Max, Aero, XSR hingga Gear. Sedangkan untuk hadiah elektronik antara lain, Laptop hingga Smartphone, hingga Apparel Yamaha dan uang digital senilai ratusan juta rupiah.

Caranya pun sangat gampang, setiap kita melakukan penggantian oli, sobek kertas di bagian belakang oli. Di bagian yang disobek tersebut nanti aka nada barcode, lanjutkan dengan scan barcode dan lakukan registrasi dengan mengisi nama, alamat, nik, dan lain-lain. “Apabila sudah terigester, nama konsumen akan diikutkan dalam program undian ini. Dan semuanya gratis, tidak dipungut biaya apapun,” tegas Paul Himawan menambahkan.

%d bloggers like this: