First Impression Yamaha FreeGo, feelnya beda. Skutik baru dari Yamaha ini memang menyasar ke segmen anak muda range usia 18-35an.

Nah beberapa waktu lalu saya sempat test ride singkat di seputaran Yanaha FSS Semarang pada saat sesi Pers Conference peluncuran Yamaha FreeGo di Jawa Tengah.

Gimana impresinya?? simak penjabarannya berikut, jangan lupa sediain saya gudibeg eh .. gorengan sama kopi mumpung pas nih bro hawa adem habis hujan.

Handling
Skutik dengan dimensi 1905 x 690 x 1100 (mm) dan jarak sumbu roda 1275mm FreeGo lincah waktu saya coba ajak zig zag dijalur yang gak begitu panjang. Ya seperti matik-matik 125cc Yamaha lainnya (kecuali Lexi).

Velg meski ring 12 namun dibalut ban besar dengan profil donat ukuran 100/90 didepan dan 110/90 dibelakang stabil waktu saya pake zig zag.

Pengereman belakang pakem sedangkan depan kok agak kurang pakem. Awalnya saya kira unit yang saya pakai test ride FeeGo S ABS ternyata FreeGo S (tanpa ABS).

Posisi Berkendara
FreeGo memiliki tinggi jok 778mm dari aspal. Rata-rata untuk skutik dikelasnya, jadi untuk saya yang tingginya 170an cm kaki masih bisa napak sempurna dan posisi kaki lega dengan dek rata.
Posisi tangan disetang pun terbilang enak khas matik-matik perkotaan pada umumnya. Pegal? gak tau juga kan cuma test ride singkat.

Yang agak gak biasa justru joknya agak keras. Gak seperti jok Yamaha yang khas empuk. Namun joknya panjang lho ke belakang, jadi boncenger bisa leluasa geser kedepan ato kebelakang.

Performa
Mesin FreeGo ini hampir sama dengan skutik blue core Yamaha lainnya. 125cc 4T SOHC dengan daya max 7kw/8000rpm dan torsi 9,5Nm/5500rpm.
Namun terasa agak lemot tarikannya, tapi gak selemot Scoopy Ring12. Mungkin efek ban yang besar atau mesin yang belum reyen. Maklum unit yang dipakai ini odometernya masih rendah banget.

Tapi begitu diputer gas agak dalam baru kerasa jambakannya. Mau test top speed tapi areanya gak memungkinkan.

Fitur dan Fungsionalitas
FreeGo memiliki beberapa fitur menarik seperti keyless, pocket charge, spido digital, lampe LED, rem ABS, bagasi besar (25 liter) memang fugsional. Kalo bagasi besarnya bisa muat helm full face lho.

Satu lagi fungsi yang bikin feel beda yaitu pengisian bbm disamping memang memudahkan, namun sayang belum bisa coba langsung. Mungkin nanti kalo diberi kesempatan review harian yak.. Eh kode hehe

Nah itu dia impresi awal dan test ride singkat Yamaha FreeGo. Semoga bermanfaat !

Baca juga :

Yamaha FreeGo Resmi dirilis di Jawa Tengah

Harga Yamaha FreeGo Area Jawa Tengah

Spek dan Pilihan Warna Yamaha FreeGo