Seiring dengan meningkatnya penjualan motor Yamaha R15 dan R25, maka semakin banyak Klub atau Komunitas motor dari tipe tersebut. Baik Klub atau Komunitas motor skala Naisonal atau skala Daerah/Wilayah yang biasa disebut Klub Independent.

Semakin banyak berdirinya Klub dan Komunitas R15, R25 dan R-Series diberbagai wilayah, menghadirkan sebuah forum komunikasi untuk mempermudah komunikasi antar Klub dengan wilayah berbeda. Seiring waktu dan seringnya melakukan kopdar gabungan, setiap Klub Independent ini mempunyai kerinduan untuk memiliki wadah persatuan. Maka pada hari tanggal 11 Juni 2017, bertempat di Kota Tangerang, 17 Klub Yamaha R-Series yang melakukan Kopdar gabungan sepakat mendirikan sebuah Federasi pemersatu Klub dan Komunitas Yamaha R-Series.

Seminggu setelah itu, tepatnya hari Sabtu, 17 Juni 2017. Klub Independent tersebut melakukan Pra Musyawarah Nasional untuk menentukan Visi dan Misi. Pada Pra Musyawarah Nasional tersebut juga menghasilkan seorang pemimpin Nasional yaitu Rhaday dari Klub Ronin.

Pra Musyawarah Nasional dihadiri oleh 20 Klub yang ditetapkan menjadi pendiri Federasi ini, yaitu R-Series North Team, ARC R15 Jakarta, R15 United Jakarta, RONIN, CR15TAL, YRSI, Tangerang R15 Owners, ROC, OR15T, RBC, BRO, R15 Shadow, R Cyber, RRB, R15 Independent SKY, R15 Cibuci, R15_XAN, R15CIS, YRSOF dan RIC Jakarta.

Maksud dan tujuan Federasi R Independent ini adalah wadah atau naungan pemersatu silahturahmi klub dan komunitas Yamaha R-Series Independent dengan dasar kekeluargaan. Bukan untuk menyaingi atau menjadi lawan tanding organisasi lain yang ber-skala Nasional.