Cara Sederhana Atasi Kabel Gas Motor Seret –  Pernah kan alami kabel gas seret yang berakibat stasioner susah turun? ini bisa jadi faktor kecelakaan dijalan raya lho … Hal ini biasa terjadi di motor yang masih pakai karburator. Biasanya sih diawali dengan adanya gejala tali gas berat.

Nah sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yuk dicek dulu sumber masalahnya, bisa dilakukan sendiri kok.

Potensi sumber seretnya gas bisa jadi dari per skep, throttle plate (karbu vakum), ataupun pada kabel gas itu sendiri.

Berikut langkah-langkah periksa kabel gas seret/berat pada motor :

1. Lepas kabel gas pada yang ada dikarbu baik itu karbu vakum atau karbu konvensional, kalo di karbu vakum lebih mudah karena pengait pada kabel gas berada diluar karbu. Setelah kabel gas terlepas coba tarik ulur kawat gas dari ujung pengait di karbu, jika seret bisa masukkan oli kedalam kabel gas.

Atau yang lebih ampuh lumuri grease dari ujung ke ujung kabel gas, namun kawat      gas harus dilepas dulu dari kabel/hosenya.  Trik melumuri grease ini lebih ampuh dan bikin awet kabel gas dibanding diberi oli atau pelumas, karena oli/pelumas cepet keringnya dan kalo sudah kering ya seret lagi deh kabel gasnya

2.  Kalo pakai skep konvensional coba cek jalur skep dikarbu, ada baret atau tidak? jika baret gak terlalu dalam/parah bisa diamplas dikit pakai amplas 1000 baik itu skep dan karbunya. Namun trik ini beresiko ada celah antara skep dan dinding skep lebih besar jadi amplasnya jangan terlalu nafsu ya. Kalo baretnya parah ya sudah ganti baru saja karbunya hehehe ,, oia baret pada dinding skep ini biasanya ada debu atau pasir halus yang menyusup dikarburator.

3.  Setelah kabel gas terlepas coba cek throttle plate pada karbu vakum, coba gunakan tangan untk memutar throttle plate jika memang berat putarannya mungkin saja ada kotoran yang nyelip diporosnya ataupun pernya sudah minta ganti. Bagusnya sih bersihkan sekalian karburatornya pakai carb cleaner tapi hati-hati jangan sampai karet vakum kena cairan ini ataupun bensin, bisa melar dan makin ngaco nanti stasioner karbunya.

Langkah berikutnya jika beberapa langkah diatas tidak ketem solusi ataupun males bongkar sendiri langsung gas aja ke bengkel langganan atau bengkel terdekat, tinggal bayar jasanya beres !!! hahaha