Pada IIMS 2019 Benelli membawa jagoan baru Leoncino 500 dan TRK 502 X. Keduanya merupakan motor besar dengan segmentasi yang berbeda. Dari segi desain, baik Leoncino maupun TRK super keren masbro.

Pertama Benelli Leoncino 500, Motor bergaya Scrambler ini mempunyai mesin dua silinder 499,6 cc, menyemburkan tenaga 47 PS di 8.500rpm. Dorongan torsi juga cukup besar, 45 Nm pada 5.000 rpm. Untuk kompresi, dibuat padat pada rasio 11,5:1. Pasti menghasilkan deruman mesin sangar. Penasaran kan dengan bunyinya? Untuk yang belum tahu, mereka terkenal mampu membuat mesin dua silinder yang menyerupai suara empat silinder.

Tak terlalu banyak ornamen, Leoncino tampil minimalis. Tapi bodinya memiliki pahatan mendetil yang membuatnya terlihat berkelas. Desain tangki dibuat efek menyambung hingga ke bagian belakang. Paling unik, ikon singa pada logo Benelli juga dipasang di fender depan. Penempatannya mirip dengan logo mobil Jaguar yang mencuat.

Secara keseluruhan, ini merupakan perpaduan modern-klasik. Tak lain karena penggunaan headlamp bulat tanpa fairing. Sekilas mirip Ducati Scrambler. Teknologi lampu yang digunakan sudah LED dengan alur seperti tapal kuda mengitari headlamp proyektornya. Sein dan stop lamp juga sudah dibekali LED.

Kedua, Benelli TRK 502 X, motor jenis Adventure. Sekelas dengan Honda CB 500 X, yang juga bermain di segmen sama. Mesin identik dengan Leoncino, membuat output tenaganya juga sama persis. Namun karena ada sedikit penyesuaian, torsinya lebih besar sedikit di angka 46Nm.

Bedanya terlihat pada fisik. TRK memiliki bodi yang begitu kekar dengan banyak fairing di sekelilingnya. Khas motor adventure. Ornamen box tambahan juga disediakan dalam opsional.

Mengenai teknologi pencahayaan, headlamp, stop lamp, maupun sein sudah dilengkapi LED. Juga terdapat DRL yang mengalur cantik. Nah, dimensinya jauh berbeda dengan saudaranya. TRK tergolong tinggi sekaligus lebar berkat penggunaan lingkar roda 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Belum lagi setelan suspensi khusus untuk jelajah di banyak medan. Kalo ini mungkin banyak kansnya di Indonesia karena mirip-mirip BMW GS series.

Harga Benelli TRK 502 X dan Leoncino 500

Nah, memang ini yang ditunggu-tunggu sejak lama oleh para penggemar Benelli. Leoncino dilego cukup masuk akal di harga Rp 148 juta (OTR Jakarta). Sedangkan untuk TRK 502 X sebesar Rp 158 juta (OTR Jakarta).

Spesifikasi Benelli TRK 502 X dan Leoncino 500

Karena mesin TRK 502 X dan Leoncini 500 itu identik maka tidak banyak ubahan berarti, kecuali untuk TRK 502 X yang memiliki torsi lebih besar sesuai peruntukannya

In line 2 cylinders, 4-stroke, liquid cooled, double overhead camshaft, 4 valves for cylinder
DISPLACEMENT 499,6 c.c.
BORE X STROKE 69 x 66,8 mm
COMPRESSION RATIO 11,5:1
RATED OUTPUT 35 kW (47,6 Cv) @ 8500 rpm
MAX. TORQUE 45 Nm (4,6 kgm) @ 5000 rpm
LUBRICATION Wet sump
FUEL SUPPLY Electronic fuel injection with throttle body ø 37 mm
EXHAUST SYSTEM With catalytic converter and oxygen sensors
CLUTCH Wet clutch
GEARBOX 6 speeds
FINAL DRIVE Chain drive
STARTING Electric