Sejak diluncurkan sekitar April 2017 lalu, Yamaha XMax sebagai Maxi Skutik melenggang sendirian. Dengan basis produksi di Indonesia dan pangsa pasar global jelas menguntungan Indonesia karena harga jualnya tidak terlalu tinggi. Namun kini AHM selaku kompetitornya juga ikutan nyemplung di segmen yang makin gurih ini.

Baca juga : Spesifikasi dan Pilihan Warna Honda Forza 250 2018

Dari segi desain semuanya sama-sama elegan dan sporty, Forza memiliki garis desain yang agak tajam sehingga menonjolkan kesan sporty. Sedangkan XMax aura agresifnya terlihat dominan.

Honda Forza 250 dilantik untuk membayangi pangsa pasar Yamaha XMax 250. Kedua matik bongsor ini sebenarnya 11-12 dari segi fitur dan teknologi. Keduanya memiliki fitur Traction Control, lampu LED, Spidometer keren dan canggih, desain sporty dan elegan, ABS, ukuran ban yang sama, kapasitas mesin yang sama dan power dan torsi yang hampir sama.

Karakter mesin overbore XMAX (70,0 x 64,9 mm) jelas unggul dispeed dan power yang merata disetiap putaran mesin, sedangkan Forza yang near square (68 x 68,567 mm) memiliki tenaga yang merata dari rendah ke menengah dan agak kedodoran di putaran atas.

Dari segi dimensi Forza sepertinya diunggulkan karena memiliki dimensi yang lebih pendek dan rendah dibanding XMax sehingga lebih lincah dibanding XMAX. Namun XMax memiliki bobot 3 kg lebih ringan daripada Forza. Keduanya memiliki ukuran ban yang sama 120/70 R15 di depan dan 140/70 R14 di belakang dengan pengereman double disc dan ABS.

Baca juga : Modifikasi XMax 250 Full Carbon, Simple tapi Maxi !!!

Dari segi kapasitas bahan bakar sepertinya XMax bisa melenggang lebih jauh karena memiliki tangki yang lebih besar yaitu 13 liter dibanding Forza 11,5 liter. Namun Honda terkenal dengan keiritannya jadi ini perlu pembuktian.

Dan terakhir dari segi harga XMax 250 dijual dengan harga Rp 57.800.000 (OTR Jakarta) sedangkan Forza 250 dijual diangka 70 jutaan.