Mas bro tahun ini Yamaha Cup Race sudah memasuki tahun ke-30 sejak pertama kali diselenggarakan pada 1989 dan secara konsisten tetap menjadi wadah pembibitan bagi para rider muda berbakat yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Boleh dibilang ini adalah OMR tertua di Indonesia.

Melalui sistem pembinaan yang lebih terstruktur, YCR mampu menyajikan arena unjuk gigi bagi para talenta-talenta muda berbakat dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk dapat tampil di kompetisi yang lebih tinggi.

Jika pada tahun lalu Yamaha Cup Race hadir dalam 7 seri, tahun ini akan terdapat 8 seri yang digelar di sejumlah wilayah berbeda. Antara lain, 2 seri di Jawa, 2 seri di Sumatera, 2 seri di Kalimantan, dan 2 seri di Sulawesi. Menjadi semakin spesial, pada 30 tahun kehadirannya, Yamaha Indonesia akan menghadirkan museum 30 tahun perjalanan YCR yang menampilkan dokumentasi foto dan display motor dengan livery khusus (livery perayaan 30 tahun YCR). Museum ini dapat dijumpai pada gelaran YCR 2019.

Jadwal Yamaha Cup Race 2019 :

– Seri 1 (27 – 28 April), Jawa
– Seri 2 (29 – 30 Juni), Sumatera
– Seri 3 (13 – 14 Juli), Sumatera
– Seri 4 (10 – 11 Agustus), Sulawesi
– Seri 5 (30 Agustus – 1 September), Kalimantan
– Seri 6 (28 – 29 September), Sulawesi
– Seri 7 (19 – 20 Oktober), Kalimantan
– Seri 8 (16 – 17 November), Jawa

Masih dalam rangka memperingati 30 tahun Yamaha Cup Race, Yamaha Indonesia akan membuka satu kelas baru yaiu Ex-Rider. Dalam kelas tersebut terdapat para mantan pembalap profesional yang dulu sempat berkompetisi di berbagai ajang balap tanah air. Pembukaan kelas Ex-rider ini tidak hanya menjadi momen nostalgia, tetapi turut menyuarakan pesan akan tingginya komitmen Yamaha Indonesia dalam menghadirkan gelaran balap terbesar di Indonesia selama tiga dekade terkahir.